Popular Post

Posted by : Unknown Rabu, 20 Mei 2015





Lembah kera merupakan wahana clambing (panjat tebing) dengan suasana alam yang asri dan sejuk yang menyajikan pemandangan yang menarik nan indah, Lembah kera juga sering di buat sebagai ajang “rock clambing training” tim pencinta alam maupun tim SAR kab. Malang bahkan turis asing.

Batuan curam yang tedapat pada tebing-tebing Lembah kera, menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang suka tantangan extreme. Semoga kedepannya potensi aset wisata yang ada di Kecamatan Pagak ini mendapat perhatian dari pemerintah ataupun investor supaya jalan akses menuju lokasi lebih mudah di jangkau dan infrastruktur yang ada di lokasi wisata mendapat penanganan untuk mempercantik pesona lokasi wisatanya agar menarik pengunjung baik dari dalam maupun luar daerah.

Lembah kera berada di dusun dempok, desa gampingan, kecamatan pagak, kabupaten Malang, sekitar 20 menit dari stasiun kereta Kepanjen, Kabupaten malang. Tebing lembah kera memiliki ketinggian sekitar 45 – 50 M pada titik tertingginya, dan berdiri memanjang lebih dari 100 meter kesamping.

Tebing lembah kera sangat banyak memiliki jalur pemanjatan untuk keperluan sport, dengan ditandai banyaknya tertanam hanger – hanger di setiap jalur pemanjatan, karena tebing lembah kera penggunaannya lebih sering dipakai untuk pemanjatan sport. untuk jalur pemanjatan, tebing lembah kera mempunyai banyak sekali, mulai dari grade 5.9 hingga 5.11, namun jalur – jalur yang tersedia lebih di dominasi grade 5.9 dan 5.10, dengan rata – rata pengaman tiap jalurnya terdiri dari 4 – 6hanger.beberapa jalur diantaranya seperti : Vietkong (4 pengaman), No Marcy (4 pengaman), la moda (4 pengaman), yang semuanya memiliki grade 5.9, adapula seperti blood stone, white snack, doraemon, no woman, no cry, gong setan, yang memiliki grade 5.10. bahkan adapula jalur long way yang memiliki 12 pengaman.

Pemanjatan ke tebing lembah kera kali ini bertujuan memanjat tebing lembah kera hingga top (puncak tebing), karena itu  pemanjatan kali ini dilakukan pada jalur yang belum tertanam hanger ,dan berada persis di sebelah jalur long way, dan pemanjatan dilakukan dengan membutuhkan 2 pitch dengan total pengaman sebanyak 12 pengaman yang didominasi oleh pengaman yang menggunakan lubang tembus, dan pemanjatannya dilakukan dalam waktu kurang dari 8 jam.

Sebagai medan latihan panjat tebing, lembah kera termasuk variatif, selain banyaknya jalur sport yang tersedia, bentuk permukaan tebingnya pun bermacam – macam, pada sisi kiri tebing di dominasi bentuk overhang, mengingatkan pada tebing klapa nunggal di cileungsi, namun semakin ke tengah, bentuk permukaan tebing lebih mirip pada tebing citatah 48 di padalarang. singkatnya tebing lembah kera amat representatif untuk digunakan dalam latihan panjat tebing.


DESKRIPSI LETAK & PERIJINAN

Perijinan tebing lembah kera dapat dilakukan dengan menghampiri pos pemanjatan di rumah pak Martono, mantan wakil kepala dusun dempok, rumahnya berada di sebelah kiri jalan, sebelum pertigaan terakhir menuju lokasi tebing, atau bisa ditanyakan ke penduduk, di pos pemanjatan kita harus mengisi buku tamu dan untuk biaya retribusi dapat diberikan nanti sepulangnya kita dari tebing, namun nampaknya keadaan ini akan berubah, karena Tebing lembah kera tengah dipromosikan dan diupayakan menjadi obyek wisata, yang mungkin nantinya untuk urusan adminstrasi dan perijinan diurus di pos tersendiri.

Untuk transportasi dari jakarta, bisa dicapai dengan naik kereta tujuan malang, dan turun di stasiun kepanjen, kemudian carter angkot langsung menuju pos pemanjatan, dengan harga kurang dari Rp 80.000 (sept. 2011), untuk penginapan lebih enak bila kita bawa tenda sendiri dan membuat camp di bawah tebing lembah kera, selain nyaman, ternyata tebing lembah kera ini memiliki sungai kecil yang mengalir di bawahnya, karena di depan tebing ini adalah lembah yang lumayan dalam, selain itu terdapat pula keran air persis di sebelah kanan tebing, dekat lokasi yang biasanya dijadikan camp untuk para pemanjat

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © THE JOURNEY - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Risky Aditiya -