Popular Post

Posted by : Unknown Minggu, 09 Agustus 2015


Peralatan yang baik akan sangat membantu kita dalam melakukan kegiatan alam terbuka. Kenyamanan dan keamanan dalam berkegiatan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena tentu tujuan kita berkegiatan di alam pastinya bukan untuk menyiksa diri.  Untuk itu diperlukan peralatan yang baik demi kelancaran dalam berkegiatan di alam terbuka.



Secara umum, peralatan kita bagi menjadi 3 jenis :
  • Peralatan dasar, yaitu peralatan yang selalu kita perlukan setiap saat seperti pakaian, peralatan memasak dan makan/minum, peralatan MCK dan perlengkapan pribadi.
  • Peralatan khusus, yaitu peralatan yang dibutuhkan sesuai dengan medan atau tujuan perjalanan yang akan dilakukan.
  • Peralatan tambahan, yaitu peralatan yang bisa atau tidak dibawa. Peralatan tambahan ini lebih berfungsi untuk tujuan kenyamanan.
Penulis akan membahas berbagai peralatan yang lebih berfokus di wilayah pendakian gunung dengan medan gunung hutan. Berikut ini penulisakan membahas mengenai sepatu yang baik untuk digunakan dalam suatu perjalanan pendakian.

  • Sepatu

Sepatu yang baik perlu memenuhi beberapa kriteria ini, pertama sepatu yang digunakan terbuat dari bahan yang kuat (misal : kulit) namun tidak menyakiti kaki pemakainya. Sepatu harus melindungi kaki sampai mata kaki, untuk mencegah bahaya terkilir. Kemudian sepatu juga harus nyaman dipakai, untuk itu usahakan memakai sepatu yang telah dikenal kaki anda/bukan pinjaman. Usahakan mengenakan sepatu dengan lubang di bagian sampingnya, untuk ventilasi udara agar tidak terlalu panas saat sedang kita pakai.
Beberapa tips dalam penggunaan dan perawatan sepatu hiking diantaranya :
  • Untuk mencegah lecet pada kaki, kita perlu memberi plester pada bagian-bagian kaki yang bergesekan dengan sepatu.
  • Jagalah kebersihan kaki dan kaus kaki dengan mengusahakan agar kita selalu memakai kaus kaki yang kering.
  • Jangan mengeringkan sepatu pada panas yang ekstrem karena dapat mengakibatkan sepatu menjadi kaku dan kulit sepatu pecah-pecah.
  • Rajin-rajinlah menyemir sepatu agar kulit sepatu anda selalu dalam keadaan lembut sehingga nyaman dipakai.
  • Gunakanlah sepatu yang pas di kaki anda, tidak terlalu sempit juga tidak terlalu longgar, agar tidak mengganggu perjalanan yang anda lakukan. Sepatu yang terlalu sempit akan menyebabkan kaki anda sakit, mudah untuk lecet, sedangkan yang terlalu longgar akan mengganggu langkah kaki anda, sehingga akan mengganggu perjalanan yang dilakukan.

  • Kaus kaki

Kaus kaki berguna untuk melindungi kulit kaki dari gesekan langsung dengan sepatu dan menjaga agar kaki selalu hangat. Kaus kaki yang baik akan dapat menjaga kaki kitan dapat bernafas. Kaus kaki yang terbuat dari bahan katun atau wool akan sangat baik untuk memenuhi syarat di atas.
Ketebalan kaus kaki yang akan digunakan tentunya disesuaikan dengan medan yang akan kita hadapi, demikian pula dengan panjangnya. Akan sangat berguna jika kita membawa lebih dari sepasang kaus kaki, karena bila melakukan perjalanan dengan kaus kaki yang basah maka kaki akan mudah lecet.

Kaki merupakan bagian terpenting dalam melakukan perjalanan di alam bebas, karena merupakan kendaraan utama kita dalam mobilisasi menuju tempat-tempat yang akan kita tuju. Ketika kaki kita cedera, perjalanan kita akan sangat terganggu, perjalanan jadi lebih menyiksa, waktu tempuh perjalanan pun akan bertambah lama. Oleh karena itu usahakanlah untuk memaksimalkan peralatan yang menunjang kaki kita dalam sebuah perjalanan, agar perjalanan yang kita lakukan tidak terhambat, dan selamat sampai tujuan dengan waktu perjalanan yang optimal. Salam Lestari!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © THE JOURNEY - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Risky Aditiya -